Cari Blog Ini

Rabu, 18 Agustus 2010

DIRECT INSTRUCTION (MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG)


A.  Gambaran Umum Model
Pengetahuan deklaratif merupakan pengetahuan tentang sesuatu, sedangkan pengetahuan prosedural adalah pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu. Contoh pengetahuan deklaratif sederhana yaitu menghafal hukum atau rumus tertentu. Seringkali penggunaan pengetahuan prosedural memerlukan penguasaan pengetahuan prasyarat atau pengetahuan dasar yang berupa pengetahuaan deklaratif.
Model pengajaran langsung (Direct Instruction) merupakan salah satu model pengajaran yang dirancang khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah ( Kardi dan Nur, 2000: 5 ).
Apabila guru menggunakan model pengajaran langsung ini, guru mempunyai tanggung jawab untuk mengudentifikasi tujuan pembelajaran dan tanggung jawab yang besar terhadap penstrukturan isi/materi atau keterampilan, menjelaskan kepada siswa, pemodelan/mendemonstrasikan yang dikombinasikan dengan latihan, memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih menerapkan konsep atau keterampilan yang telah dipelajari serta memberikan umpan balik.
Dalam Direct Instruction dibutuhkan keaktifan, kelihaian, keterampilan dan kreativitas guru tanpa menghilangkan peran serta siswa sebagai subjek didik. Model ini berpusat pada guru. Akan tetapi, sistem pengelolahan pembelajaran yang dilakukan guru harus menjamin keterlibatan siswa terutama melalui memperhatikan, mendengarkan dan tanya jawab.
Menurut Kardi (1993 : 3) pembelajaran langsung dapat berbentuk ceramah, demonstrasi, pelatihan atau praktek dan kerja kelompok. Model ini menerapkan teacher centered, jika terdapat hal-hal yang menyimpang maka guru perlu melakukan : (1) Memberi siswa nasehat, (2) Menjalin komunikasi yang baik dan selalu kontak mata dengan siswa sebagai tanda perhatian guru kepada siswa, (3) Menjelaskan dan mengingatkan prosedur dengan benar, (4) Menerapkan konsekuensi jika ada yang melanggar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar