Cari Blog Ini

Rabu, 18 Agustus 2010

INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN)


Strategi ini untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Namun, materi baru tetap bias diajarkan dengan catatan siswa diberi tugas mempelajari topic yang akan dibahas terlebih dahulu, sehingga ketika masuk kelas mereka sudah memiliki bekal pengetahuan.

LANGKAH-LANGKAH:
1.) Buat potongan-potongan kertas sejumlah siswa yang ada dalam kelas.
2.) Bagi jumlah kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama.
3.) Tulis pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada setengah bagian kertas yang telah disisipkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan.
4.) Pada separo kertas yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat.
5.) Kocoklah semua kertas sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
6.) Beri setiap siswa satu kertas. Jelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan. Separo siswa akan mendapatkan soal dan separo yang lain akan mendapat jawaban.
7.) Mintalah siswa untuk menemukan pasangan mereka. Jika ada yang sudah menemukan pasangan, minta mereka untu duduk berdekatan. Terangkan juga agar mereka tidak memberitahu materi yang mereka dapatkan kepada teman yang lain.
8.) Setelah semua menemukan pasangan dan duduk berdekatan, minta setiap pasangan secara bergantian untuk membacakan soal yag diperoleh dengan keras kepada teman-teman yang lain. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangan yang lain.
9.) Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan. 

SUMBER :
Zain, Hisyam, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar