Cari Blog Ini

Rabu, 18 Agustus 2010

DIRECT INSTRUCTION / MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (Part 2)

CONTOH RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 
Sekolah                   : SMA 
Mata Pelajaran         : Matematika 
Pokok Bahasan        : Barisan dan Deret 
Kelas / Semester       : XII / Genap 
Alokasi Waktu         : 15 menit

1.    Standar Kompetensi     :
·  Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
2.    Kompetensi Dasar                    :
·  Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika.
3.    Indikator                                  :
·  Menerapkan rumus suku ke-n dan jumlah n suku baris dan deret aritmetika.
4.    Tujuan Pembelajaran    :
·  Siswa dapat menerapkan rumus suku ke-n dan jumlah n suku baris dan deret aritmetika.
5.    Materi Pembelajaran                                         :  Konsep, skill.
6.    Metode dan Pendekatan Pembelajaran            : Metode ekspositori, tanya jawab, diskusi, dan pendekatan deduksi.
7.    Kegiatan Pembelajaran:
a.)        Kegiatan Awal
·               Guru memberikan salam dan melakukan presensi.
·               Apersepsi : mengingat kembali materi tentang barisan aritmetika.
·               Motivasi : Menyampaikan manfaat materi barisan dan deret aritmetika.
b.)        Kegiatan Inti
·         Guru menyampaikan materi yang akan dibahas yaitu deret aritmetika.
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
·         Guru mendemonstrasikan materi dan mengajak siswa untuk berargumentasi melalui tanya jawab.
·         Guru beserta siswa menemukan rumus.
·         Guru memberikan soal latihan dan meminta siswa mengerjakannya secara berkelompok.
·         Guru membimbing dan menilai keaktifan siswa dalam kelompok.
·         Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menuliskan jawaban dan mempresentasikannya didepan kelas.
·         Guru mengevaluasi jawaban siswa.
·         Guru menanyakan pemahaman siswa dan memberikan penekanan berupa ulangan penjelasan materi.
·         Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang bagian yang belum paham.
·         Guru menjawab dan membahas lebih lanjut pertanyaan dari siswa.
c.)        Kegiatan Akhir
·         Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru memberikan tugas.
·         Guru menutup kegiatan pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Joyce, Bruce, et al. 2000. Models of Teaching. USA : Allyn & Bacon.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sulistiyaningsih, Rahayu. 2009. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Siswa Kelas IX Semester I SMP N 3 Boja Tahun 2008/2009. Skripsi IKIP PGRI Semarang.
Noormandiri, B.K. 2007. Matematika SMA Kelas XII IPA. Jakarta: Erlangga.
Herynugroho, dkk. 2009. Matematika SMA. Jakarta: Yudhistira.
http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2009/03/model-pengajaran-langsung-direct.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar